nasi krawu

Rekomendasi Kuliner Khas Gresik

Rekomendasi Kuliner Khas Gresik

Makanan khas Gresik bisa dijadikan destinasi wisata kuliner yang unik. Bagaimana tidak, berbagai makanan khas Gresik ini mungkin tidak bisa kalian jumpai di tempat lain. Selain itu, soal rasa, kalian tidak perlu meragukannya. Wisata kuliner yang diberikan Kota Gresik memang sangat beragam , sehingga kalian bisa mencoba berbagai makanan dengan cita rasa yang berbeda-beda. Berikut rekomendasi beberapa kuliner khas Gresik.

1 . Nasi Krawu

nasi krawu

Salah satu makanan khas Gresik yang sudah sangat terkenal adalah Nasi Krawu. Nasi Krawu disajikan beralaskan daun pisang, membuat kalian menyantap makanan ini dengan nikmatnya. Nasi pulen yang masih hangat disajikan bersama semur daging, irisan daging sapi, jeroan sapi dan, telur asin dan sambal terasi. Kenikmatannya sulit ditolak. Kekayaan rasa sajian ini juga dipengaruhi oleh serundeng. Biasanya ada dua jenis serundeng yang disajikan, yakni serundeng merah bercita rasa pedas dan serundeng kuning bercita rasa gurih. Dengan begitu, kalian bisa mendapatkan beragam rasa dalam sekali suap, mulai dari manis, gurih dan pedas. Kalian bsa menemukan menu ini pada rumah makan yang ada di Gresik dengan mudah. Harganya juga sangat terjangkau, dengan merogoh kocek sebesar Rp 15.000 saja, kalian sudah bisa menikmati menu yang satu ini. Jangan lupa mencicipi Nasi Krawu jika sedang berada di Gresik ya!

2 . Sego Rumo

sego rumo

Sego Rumo merupakan kuliner khas Gresik yang sepintas mirip dengan bubur sumsum yang berwarna orange. Namun, yang berwarna orange pada Sego Rumo ini merupakan kuah kental yang rasanya gurih dan sedap.Bubur ini terbuat dari campuran tepung dan udang. Kemudian bubur ini dicampur dengan nasi atau lontong. Penyajiannya cukup unik, nasi putih disuguhkan dengan pincuk daun pisang dicampur dengan daun singkong, rempeyek atau kerupuk. Kemudian diatasnya disiram kuah kental dan ditambahkan dengan taburan serundeng. Rasanya, tentu sangat lezat. Bubur yang memiliki tekstur lembut dan serasi dengan berbagai macam sayuran ini, menjadi menu sarapan favorit masyarakat Gresik. Apalagi jika disantap langsung menggunakan sendok daun pisang. Untuk mendapatkan satu porsi Sego Rumo kalian tidak perlu mengeluarkan banyak uang karena harganya sangat terjangkau. Kalian bisa menemukan penjual Sego Rumo di pasar tradisional di Gresik. Ibu penjualnya biasanya menjajakannya dengan cara lesehan di depan toko. Tertarik mencicipi guys? Untuk pembayaran melalui e wallet, dana, ovo, go pay, dan dompet digital lainnya.

3 . Pudak

pudak

Pudak merupakan makanan sejenis kue yang termasuk kudapan tradisional dan melegenda di Kota Gresik. Makanan ini terbuat dari bahan biasa sebagaimana membuat kue, namun memiliki cita rasa luar biasa. Bahan yang digunakan yaitu tepung beras, santan kelapa, gula jawa dan air pandan yang dicampur hingga menjadi adonan. Setelah itu dibungkus dengan menggunakan pelepah daun pinang, lalu kukus selama 1 jam. Selaim bahan-bahan itu, pudak juga ada yang terbuat dari bahan utama tepung sagu dan biasa disebut pudak sagu. Pada awalnya ada 3 macam pudak, antara lain pudak putih, pudak merah dan pudak sagu. Makanan ini dapat kalian jumpai di toko oleh-oleh khas Gresik dengan harga yang relatif murah. Pudak juga tidak mudah basi dan dapat bertahan selama 24 jam, sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh ke luar kota. Kue ini mempunyai tekstur yang lembut dan empuk di dalam. Rasa manis dan gurih mendominasi kue tradisional, fenomenal dan legendaris ini. Berminat buat mencicipi guys?

 

 

 


Posted

in

,

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *