pecel khas blitar

Rekomendasi Kuliner Khas Blitar

Rekomendasi Kuliner Khas Blitar

Banyak wisatawan yang datang ke Blitar karena penasaran dengan keunikan tempat asal Bapak Proklamator Kemerdekaan RI sekaligus Presiden pertama Indonesia, IR Soekarno. Tak hanya menawarkan sejarah yang unik, Blitar juga punya banyak kuliner enak yang wajib buat dicicipi. Berikut rekomendasi kuliner Blitar yang wajib kalian cicipi jika singgah di kota ini.

1 . Wajik Kletik

wajik kletek

Hidangan wajik memang mudah sekali ditemukan di Indonesia. Hampir setiap daerah rasanya punya olahan ketan hitam ini. Blitar juga memiliki wajik sendiri, namanya Wajik Kletik. Wajik ini punya keunikan sendiri karena butiran ketan yang dibungkus tidak sepenuhnya mengembang dan masih berupa butiran keras. Biasanya dibungkus dengan kulit jagung kering atau pun dengan plastik dan kertas masak. Rasanya nikmat dan manis dengan tekstur kenyal karena terbuat dari ketan. Untuk harga per kemasan dibanderol dengan harga Rp 10.000. Wajik Kletik nikmat bila disajikan bersama kopi atau teh di sore hari saat bersantai. Jika kalian berkunjung ke Blitar, ga ada salahnya untuk mencicipi Wajik Kletik khas Blitar ini.

2 . Tahu Bumbu Lawu

tahu bumbu lawu

Buat kalian yang sedang berada di Blitar, ga ada salahnya untuk mencoba Tahu Bumbu Lawu yang tersebar di berbagai macam penjuru kota. Kalian bisa dengan mudah menemukan penjual makanan ini di pinggir jalan dan selalu rame oleh pembeli. Tahu Bumbu Lawu merupakan makanan yang sangat sederhana, hanya ada nasi atau lontong, tahu goreng setengah matang dipotong dadu, sambal kecap dan sedikit petis. Tambahan tauge dan kucai serta taburan brambang goreng dan kacang menambah kenikmatan makanan yang benar-benar sederhana ini. Ga lupa kerupuk sebagai pelengkapnya. Sekilas mirip dengan tahu tek yang ada di Surabaya, yang membedakannya bumbu kacang yang dihaluskan, sedangkan Tahu Bumbu Lawu ini, kacang dan kecap tidak dihaluskan. Harga seporsi Tahu Bumbu Lawu dibanderol sebesar Rp 7.000. Selain menu ini, kalian juga bisa menambahkan lauk lain seperti telur puyuh, sate telur dan aneka macam gorengan. Selain rasanya yang gurih dan nikmat, kalian bisa request tingkat kepedasan sesuai dengan kemampuan lidah dan perut kalian. Penasaran guys? Pembayaran melalui e wallet, ovo, dana, go pay, dll.

3 . Pecel Khas Blitar

pecel khas blitar

Pecel adalah salah satu makanan khas Blitar. Meskipun di beberapa daerah terdapat pecel juga, namun pecel dari Blitar memiliki rasa yang berbeda. Pembuatan sambal pecel yang beraroma khas rempah kencur, ketumbar, kemiro, cabe, kacang, daun jeruk, gula jawa dan gula garam. Lalu kemudian ditumbuk menjadi satu hingga menjadi kalis dan gurih. Kemudian disiram dengan air panas sehingga berbentuk seperti saus. Adonan saus ini menjadi bumbu pecel kemudian disiramkan ke atas piring yang berisi nasi, sayur sawi, kecambah, tempe dan rempeyek udang. Sangat menggugah selera ya guys. Untuk seporsi Pecel khas Blitar ini harganya variatif. Mulai dari Rp 10.000-Rp 20.000 per porsi tergantung menu lain sebagai tambahan yang kalian pilih. Kalian bisa menemukan banyak penjual Pecal Khas Blitar ini di setiap jalanan yang ada di Blitar. Rasanya yang gurih dan kaya aroma rempah ini wajib banget buat kalian cicipi jika kalian berkunjung ke Blitar. Jadi, jangan lupa ya guys!


Posted

in

,

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *